alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kiblat Umat Muslim, Inilah Nama Lain Ka'bah

Lebrina Uneputty Kamis, 30 September 2021 | 17:05 WIB

Kiblat Umat Muslim, Inilah Nama Lain Ka'bah
Jemaah haji wajib menajaga jarak saat mengelilingi Ka'bah.[Kementerian Kebudayaan dan Informatika Arab Saudi]

Tempat inilah yang setiap bulan Dzulhijjah Selalu ramai ribuan orang dari segala penjuru dunia.

SuaraBekaci.id - Setelah ini akan dibahas tentang nama lain Ka'bah.  Berdiri di Kota Mekah, Arab Saudi, rumah Allah atau Ka’bah merupakan tempat yang paling suci bagi seluruh umat muslim.

Nabi Ibrahim dan nabi Ismail dalam membangun Ka’bah tersebut merupakan perintah dari Allah SWT. Adanya Ka’bah tersebut juga menjadi kiblat bagi umat Islam.

Ka’bah sendiri adalah bangunan yang berbentuk persegi, menyerupai ruangan besar, serta letaknya berada di tengah-tengah Masjidil Haram. Tempat inilah yang setiap bulan Dzulhijjah selalu ramai ribuan orang dari segala penjuru dunia.

Inilah Nama Lain Ka’bah yang Menjadi Kiblat Umat Muslim

Pembangunan ka’bah yang didirikan oleh Ibrahim dan Nabi Ismail, sebagaimana arti dari surat Al-Baqarah ayat 127,

Baca Juga: Mohib Ullah, Pemimpin Muslim Rohingya Tewas Ditembak di Kamp Pengungsi Bangladesh

Dan ingatlah saat Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah, yaitu Ka’bah yang sudah ada ketika Nabi Adam AS dahulu. Bersama dengan putranya Nabi Ismail, Ibrahim berdoa, Wahai Allah, Terimalah amal kebaikan dan permohonan kami ini. Sesungguhnya, hanya Engkaulah yang Maha Mendengar permohonan dari hamba-hambaMu. Engkau yang mengetahui keadaan mereka “.

Bukan hanya merupakan tempat yang paling suci, setiap bulan Dzulhijjah dikunjungi, dan merupakan kiblat seluruh umat muslim, ternyata ada nama lain Ka’bah.

Baitullah Atau Rumah Allah SWT

Untuk nama lain Ka’bah yang pertama adalah Baitullah atau rumah Allah. Penamaan berupa Baitullah ini juga tidak lepas dari makna atau artinya.

Bait yang merupakan bahasa Arab yang memiliki arti rumah, sedangkan Allah yang berarti Allah. Berarti Baitullah adalah rumah milik Allah atau rumah Tuhan.

Baca Juga: TOK! Kepala Sekolah Mengaku Nabi Dihukum Mati, Sudah Menyangkal Kenabian Nabi Muhammad

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 125:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait